Bekas Tambang Yang Disulap Menjadi Wisata Bukit Jaddih

Wisata Bukit Jaddih

Madura memiliki satu destinasi wisata yang mampu memanjakan mata yaitu Bukit Jaddih. Bukit Jaddih merupakan bebatuan kapur putih yang cukup indah, sehingga mampu membawanya dikenal oleh banyak wisatawan, sosial media menjadi tempat di mana tempat ini menjadi viral dan akhirnya banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Bukit Jaddih adalah bunker bekas peninggalan Belanda, dimana Bukit Kapur yang dahulu dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan senjata oleh Belanda. Kemudian menjadi tempat untuk penambangan kapur dan karena keindahannya kini tempat ini menjadi lokasi wisata yang dikunjungi banyak wisatawan.

Panorama yang disuguhkan oleh Bukit Jaddih sangat menawan, meskipun bekas tambang namun lanskap buatan yang luar biasa indah dapat diciptakan di tempat ini. Kamu dapat menemukan gua-gua kecil serta tangga batu kapur, dan yang menjadi daya tarik utama adalah adanya sebuah waduk berwarna biru kehijauan yang berfungsi layaknya danau.

Bukit Jaddih mampu mencuri perhatian wisatawan, bongkahan besar batu-batu kapur dan berbagai gurata yang menjadi penyambut pengunjung yang datang. Guratan-guratan yang ada bukan terbentuk karena faktor alam, melainkan bekas para pekerja yang pernah menambang di tempat ini selama bertahun-tahun.

READ  4 Macam Tempat Wisata Malang untuk Keluarga yang Patut Kamu Kunjungi

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Bukit Jaddih ini antara lain adalah,

  1. Berenang

Menjadi sesuatu yang berbeda bisa berenang di antara keindahan Bukit Kapur putih, dan di tempat ini kamu dapat merealisasikannya. Ada sebuah kolam besar yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan berenang dengan air yang berwarna kebiruan dan kesegaran berada di tengah bebatuan kapur. Tak kalah dengan Waterboom, berenang di tempat ini juga menyenangkan. Kolamnya cukup luas, selain itu juga kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa yaitu Gunung Batu yang mengelilingi kolam dimana pada ujung kolam terdapat panggung untuk mengadakan pagelaran musik.

  1. Menyusuri Danau

Selain dapat menaiki bukit kapur, kamu juga dapat menikmati keindahan Bukit Jaddih dengan berlayar di danau biru ini. Ada beberapa rakit yang siap untuk mengantar pengunjung yang ingin menyusuri danau. Kapasitas dalam 1 rakit bisa memuat 6-7 orang. Sambil menikmati keindahan danau, pengetahuan sejarahmu juga akan bertambah, karena ditempat ini pernah menjadi saksi pada zaman penjajahan yaitu Belanda yang menjadikan tempat ini sebagai tempat penyimpanan senjata. Danau ini memiliki air yang masih alami dan luas untuk dijelajahi, dan sang guide siap membantumu yang ingin berpose di tempat yang menarik.

  1. Spot foto menarik
READ  4 Macam Tempat Wisata Malang untuk Keluarga yang Patut Kamu Kunjungi

Hal yang wajib dilakukan di Bukit Jaddih adalah mengabadikan momen dengan kamera untuk dijadikan kenang-kenangan pernah berada di tempat wisata seindah ini. Jika matamu jeli mengarahkan kameramu, kamu akan mendapatkan gambar yang sangat instagrammeble. Bahkan tak jarang sepasang calon mempelai yang membuat foto prewedding di tempat ini, untuk mendapatkan gambar yang berkesan meskipun lebih merepotkan.

  1. Toko Souvenir

Satu lagi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke Bukit Jaddih terutama sebelum meninggalkan tempat tersebut yaitu membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk saudara, sahabat dan orang terdekatmu. Di tempat ini juga ada toko souvenir di antara ceruk gua. Tempat ini bernama Goa Pote yang menjual berbagai aksesoris seperti baju, topi khas Madura dan souvenir khas Madura lainnya.

Bukit Jaddih berlokasi di Jalan Parseh, Kabupaten Bangkalan, Jawa timur. Segeralah rencanakan liburanmu dari sekarang, karena tempat ini sangat seru untuk mendapatkan pengalaman terbaikmu saat berlibur. Agar kamu tidak kecewa silahkan dapatkan informasi lengkap di wisataasyik.com. Selamat berlibur!

You May Also Like

About the Author: editor